Sabtu, 10 November 2012

CONTOH SKENARIO KASUS



BAB III
PEMBAHASAN KASUS
 
A.    SKENARIO
Seorang perempuan datang ke poli klinik kulit RS X. Dengan keluhan gatal – gatal di seluruh tubuh di sertai rasa panas setelah memakai kosmetik ( bedak dan lotion ), menurut klien kulit tampak merah dan terjadi edema di seluruh tubuh serta muncul vesikula, pustula  sudah 3 hari SMRS.
Hasil pemeriksaan TTV didapatkan TD : 120/90 mmHg, N : 110x/menit, S : 38,5o C. Dokter poli klinik memberitahukan kepada perawat agar pasien di berikan kortikosteroid topical serta dilakukan pemeriksaan biopsy kulit, patch test atau uji temple dan pemeriksaan laboratorium ( Hema I )  guna menentukan diagnosa medis.
Setelah diberikan penjelasan oleh perawat terhadap pasien dan keluarganya, dari pihak keluarga tidak bersedia dilakukan pemeriksaan patch test dan hema I dikarenakan tidak mempunyai biaya yang cukup, dengan demikian perawat memberikan surat pernyataan penolakan medis kepada pihak keluarga.



PERTANYAAN ANALISA KASUS
1.      Setelah membaca dan menjawab beberapa pertanyaan yang muncul dari kasus diatas, coba diskusikan system organ apa yang terkait dengan masalah diatas? Jelaskan dengan menggunakan anatomi fisiologi system organ tersebut.
2.      Coba identifikasi diagnosa keperawatan sesuai dengan prioritas dalam kasus tersebut!
3.      Coba saudara buat patofisiologi dan pathway dari masalah keperawatan tersebut!
4.      Coba buat NCP dari masing-masing diagnosa keperawatan!
5.      Coba buat evaluasi dari masing-masing diagnosa keperawatan!
6.      Penatalaksanaan pada pasien tersebut!
7.      Apa masalah frinsip legal etis pada kasus diatas!
8.      Bagaimana nursing advokasi yang seharusnya dilakukan oleh perawat pada pasien dan saran apa yang sebaiknya diberikan pada perawat  diatas terhadap intervensi pada pasien tersebut!
9.      Coba anda teliti isi jurnal tersebut serta berikan solusi dari masalah tersebut!
 
 \

Tidak ada komentar:

Posting Komentar