Sabtu, 10 November 2012

CONTOH KASUS


BAB III
PEMBAHASAN KASUS

Skenario 2
Seorang wanita berusia 63 tahun saat ini sedang menjalani perawatan di salah satu RS mata terkenal di Bandung di Ruang perawatan VIP sejak 2 hari yang lalu dan saat ini dalam persiapan operasi. Wanita tersebut masuk ke RS dengan keluhan mengalami penurunan penglihatan sejak 4 bulan yang lalu. Penglihatan kabur , tidak perih ,tidak nyeri, mata tidak merah,tidak terdapat kotoran mata. Pasien juga tidak mengeluh silau. Berdasarkan pengkajian yang dilakukan perawat didapatkan data : riwayat hipertensi (+) dan berdasarkan pemeriksaan terakhir menunjukan 120/80 mmHg. Pasien sudah pernah berobat ke mantra dan kemudian di beri obat tetes mata namun tak kunjung memebaik. Pada pemeriksaan mata , tampak pada kedua mata segmen depan dalam batas normal, didapatkan kekeruhan padat pada seluruh bagian lensa. Shadow test positif pada kedua mata. Pemeriksaan visus menunjukan mata kanan 1/300 dan mata kiri 1/300 pada lambaian tangan. Berdasarkan pemeriksaan Dokter ahli mata, persepsi warna kedua mata baik dan tekanan intraokuli kedusn mata dalam batas normal. Selama 3 hari perawatan, pasien mendapatkan terapi cairan di tambah dengan antioksidan, obat penenang, dan obat penurun tekanan darah berdasakan hasil konsultasi dengan ahli penyakit dalam. Karena dalam Persiapan operasi , pasien merasa cemas sehingga tekanan darah tidak stabil. Dokter merencanakan operasi pada 2 hari mendatang setelah ada perbaikan kondisi umum. Pihak keluarga merasa khawatir terhadap rencana tindakan operasi terutama terkait masalah keberhasilan operasi dan usia pasien.
Pertanyaan Kasus !
1.      Setelah membaca dan menjawab beberapa pertanyaan yang muncul dari kasus di atas, coba diskusikan system organ apa yang terkait masalah di atas ? Jelaskan dengan menggunakan peta konsep struktur anatomi organ yang terkait serta mekanisme fisiologis system organ itu bekerja !
2.      Coba identifikasi diagnosis keperawatan utama pada pasien dalam kasus tersebut?
3.      Coba saudara buat clinical pathway dari masalah keperwatan utama pada kasus diatas?
4.      Tindakan-tindakan dan intervensi keperawatan apa saja yang seharusnya di lakukan seorang perawat untuk mengatasi masalah keperawatan utama pasien dan keluarga pasien di atas?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar